Kategori Lomba

STIKI STUDENT COMPETITION 2024

A. Desain Poster

B. Video Pendek

C. Fotografi

D. Desain Website

Setiap bidang lomba akan diambil 10 tim terbaik untuk di pertandingan di Babak Final. Pengumuman para finalis akan dipublikasikan melalui halaman web https://ssc.stiki.ac.id/, Instagram SSC @ssc_stiki dan email masing-masing peserta.

Pada SSC XII Tahun 2024 ini, kategori Desain Poster akan menguji kreatifitas siswa-siswi SMA/SMK dalam menyampaikan pesan-pesan tertentu melalui media visual. Dalam hal ini, karya poster merupakan suatu media untuk menyampaikan pesan sosial, kultural, dan edukasi secara persuasif untuk khalayak sasaran agar bersikap dan bertindak sesuai dengan isi pesan yang disampaikan dalam desain poster tersebut. Mengacu pada SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) poin 4 yaitu “Pendidikan berkualitas”, maka kategori Desain Poster kali ini mengambil sub-tema “Menjamin Kualitas Pendidikan yang Inklusif dan Merata serta Meningkatkan Kesempatan Belajar Sepanjang Hayat untuk Semua”.

Pada SSC XII Tahun 2024 ini, kategori Video Pendek akan menguji kreatifitas siswa-siswi SMA/SMK dalam menyampaikan pesan-pesan tertentu melalui video berdurasi. Lomba video pendek SSC XII 2024 merupakan lomba membuat video pendek yang dituangkan ke dalam bentuk video dan diunggah di Youtube. Selanjutnya kategori video pendek mengambil sub-tema “Tantangan dan rintangan dalam meningkatkan Pendidikan Berkualitas”.

Pada SSC XII Tahun 2024 ini, kategori Fotografi akan menguji kreatifitas siswa-siswi SMA/SMK untuk mengembangkan bakat dan keterampilan fotografi mereka melalui eksplorasi dan praktek. Selanjutnya kategori fotografi mengambil beberapa sub-tema:
  1. Suasana belajar yang menginspirasi : mengabadikan momen-momen siswa/siswi di dalam kelas, di perpustakaan, atau di tempat belajar lainnya yang menginspirasi siswa untuk belajar dan berkembang.
  2. Ekspresi kreatif siswa : mengabadikan kreativitas siswa dalam berbagai bidang ekstrakurikuler, seperti seni rupa, teater, musik, tari, olahraga dll.

Kompetisi kategori desain website ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan desain web siswa SMA, SMK, dan sederajat, serta mendorong kreativitas dalam mempresentasikan ide dan konten secara visual dan interaktif. Kategori ini dirancang khusus untuk para siswa yang memiliki minat dan bakat dalam desain website. Desain website ini menguji kreativitas dan keterampilan desain web peserta dalam merancang tata letak, elemen visual, dan pengalaman pengguna yang menarik. Peserta akan diminta untuk merancang desain website sesuai dengan tema yang ditentukan. Sub-tema kategori desain website kali ini berfokus pada re-desain website/ desain ulang tampilan website :
  1. Pusat Prestasi Nasional : https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/
  2. Website resmi sekolah asal peserta. Contoh : https://sman1-mlg.sch.id/